BUNGA MELATI | Sejarah, Manfaat dan Kegunaanya

Bunga Melati

Sejarah Bunga Melati

Bunga melati merupakan tanaman merambat,meskipun ada sekitar 200 spesies didunia,namun ada tiga jenis yang paling umum kita jumpai yaitu terdiri dari warna putih, kuning dan campuran Putih-kuning.

Bunga Melati  dapat tumbuh hingga 4 meter lebih dalam rentang hidup mereka, beberapa jenis diantaranya yang hidup di daerah dataran tinggi, dianggap bisa menyehatkan dan menyegarkan para 'pendaki gunung'.

Tanaman merambat ini bisa tumbuh menumpang ke tanaman lainya atau ditata untuk tumbuh mengikuti pola yang kita inginkan dengan  ditata menggunakan Kawat. Banyak orang menanam tanaman ini untuk menciptakan lingkungan yang hijau dan nyaman, daunya yang berwarna hijau  serta mengkilap sdan warna bunganya yang lembut menambah rasa nyaman dan tentram.

Manfaat Bunga Melati


Bunga melati telah digunakan selama berabad-abad dalam berbagai cara. Tidak hanya bunga ini dianggap sebagai tanaman yang indah untuk menjaga di kebun, juga sering digunakan untuk menghiasi rambut wanita dan pakaian.

Bunga ini juga telah digunakan untuk menambah cita aroma harum ke dalam daun teh hijau; aroma melati dapat diekstraksi untuk dibuatkan minyak esensial, baik untuk penyembuhan dan sifat afrodisiak, juga dikatakn bisa sebagai anti-depresi, anti-septik, dan obat penenang.

bunga ini juga baik dipakai untuk parfum sensual yang telah disukai oleh wanita di seluruh dunia selama berabad-abad, Bunga melati juga banyak dicintai karena ikatan budaya yang kuat.

Bunga ini adalah simbol nasional untuk Filipina - yang dikenal di sana sebagai "Sampaguita"  atau "Melati" dan Indonesia, dikenal karena sering digunakan sebagai elemen penting untuk acara pernikahan dan upacara keagamaan seperti umat Hindu di bali.

Kegunaan lain Bunga Melati


Jika Bunga melati digunakan Sebagai hadiah, dapat diberikan dalam berbagai cara, menandakan berbagai makna.

Di Cina bunga melati dianggap lambang ideal untuk sisi feminin. Di daerah lain bunga ini diperkirakan untuk menunjukkan kasih sayang dan kemesraan, serta sensualitas dan keceriaan. Banyak orang menggunakan melati sebagai simbol bentuk kasih sayang untuk orang yang anda sayangi, tetapi aroma bunga ini juga disukai burung hantu, karena beberapa jenis bunga ini cenderung digunakan untuk upacara mistis.

Bunga melati juga dengan mudah ditanam di dalam ruangan,atau di taman perkarangan rumah, atau hanya dipotong bunganya dalam keadaan fresh lalu ditata dalam pot untuk diletakkan didalam rumah maupun didalam kamar.

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "BUNGA MELATI | Sejarah, Manfaat dan Kegunaanya"

  1. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuanya.semoga selalu menjadi bagi semuanya. salam sukses selalu.Amin
    htt://karanganbungapapanblog.wordpress.com
    0812.4912.3012

    ReplyDelete