Macam Jenis dan Nama dan Sejarah Aneka Tanaman Bunga Hias yang sering ditemukan di Indonesia

Pengertian Tanaman Hias :


Jika kita melihat di situs Ensklopedia ternama yaitu Wikipedia, disana dituliskan bahwa “Tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga. Bunga potong pun dapat dimasukkan sebagai tanaman hias.

Dalam konteks umum, tanaman hias adalah salah satu dari pengelompokan berdasarkan fungsi dari tanaman hortikultura.
Bagian yang dimanfaatkan orang tidak semata bunga, tetapi kesan keindahan yang dimunculkan oleh tanaman ini. Selain bunga (warna dan aroma), daun, buah, batang, bahkan pepagan dapat menjadi komponen yang dimanfaatkan. Sebagai contoh, beberapa ranting tumbuhan yang mengeluarkan aroma segar dapat diletakkan di ruangan untuk mengharumkan ruangan dapat menjadikannya sebagai tanaman hias.

Dalam arsitektur lenskep, bentuk dan penempatan tanaman hias menjadi pertimbangan yang penting. Isu lainnya yang penting dalam tanaman hias adalah habitat alami yang disukai tumbuhan tersebut serta bentuk tajuk yang dimilikinya. Dalam pengertian ini, tanaman hias dapat mencakup pula tanaman tepi jalan serta tanaman penaung (di ruang terbuka).

Karena tanaman hias dikelompokkan berdasarkan fungsinya, tidak menutup kemungkinan bahwa suatu tanaman sayuran, tanaman obat, atau tanaman buah menjadi tanaman hias, atau sebaliknya

Pada postingan kali ini, Kami akan membahas salah satu Tanaman Bunga Hias yaitu bunga " Amarilis"

Bunga Amarilis
Tanaman Bunga Amarilis yang kadang-kadang juga disebut sebagai Naked Lady atau Belladonna lily adalah Bunga Jenis monotypic, yang hanya ada satu spesies, dan merujuk dari Afrika Selatan. Bunga Amarilis tumbuh dari batang berongga berdaun, dari ujung yang mekar 2-5 cm besarnya, berwarna cerah  kadang berwara warni.

Bunga ini sendiri mengandung tiga kelopak internal dan tiga sepal eksternal, yang mungkin ada dalam warna putih - dengan urat merah yang tidak biasa - serta pink, kuning atau ungu.

Tanaman ini berumbi dianggap sangat mudah untuk tumbuh, dan banyak orang ingin menanam bunga tersebut di dalam dan luar ruangan,  Amarilis akan baik tumbuh dengan dikondisi di tanah kering - sehingga mencegah pembusukan di bawahbatang dan lebih bagus terkena sinar matahari penuh.

Meskipun tidak diketahui persis bagaimana bunga amarilis ditemukan, satu cerita populer menyatakan bahwa bunga ditemukan pada tahun 1828 di Chili. Hal ini diyakini bahwa seorang dokter muda Jerman dengan nama Eduard Frederich Poepping sedang mencari lahan untuk tanaman baru. Ketika ia menemukan besar, bunga berbentuk terompet, ia dikatakan bersorak-sorai,Kemudian , Bunga ini merambat Eropa dan kemudian berhibridisasi sehingga menghasilkan versi yang jauh lebih besar yang kita lihat sekarang.

Menurut mitologi Yunani kuno, pegembala dengan nama Amaryllis jatuh cinta dengan seorang pegembala lainya yang berakhir dramatis, kemudian sang pengembala mengatakan kepada Amaryllis bahwa ia tidak bisa menjalin  kasih dengannya kecuali dia bisa membuat bunga yang hanya semata-mata diberikan spesial untuk sang pengembala. Untuk mewujudkan apa yang dia inginkan, amarilis menusuk hatinya sendiri, dan mekar dari darah yang menyebar ke dadanya berwujud  sebuah bunga amarilis merah yang kemudian berkembang menjadi cerita rakyat.

Amarilis juga memiliki beberapa kegunaan. Misalnya, bunga-bunga ini diperkirakan memiliki sifat antibakteri yang kuat. Mereka kadang-kadang digunakan dalam sabun untuk tujuan ini, dan dicintai sebagai tanaman rumah, karena mereka dianggap berperanbesar melawan penyakit lingkungan.

Bunga Amarilis adalah pilihan yang fantastis untuk digunakan sebagai hadiah. bunga yang indah adalah simbol kecantikan intens, bersifat takut-takut dan tekad. Bunga ini kadang diberikan untuk mengungkapkan rasa ketakjuban, atau untuk memberitahu mereka bahwa mereka rela mati untuk tujuan membuat hubungan mereka kuat dan tahan lama.

Bunga ini juga perwujudan dari perasaan susah payah setelah perjuangan panjang, sehingga bunga ini adalah hadiah yang luar biasa untuk seseorang yang telah lama menjalin hubungan , pengakuan sederhana semua yang telah mereka capai dan jalani bersama.

Silahkan ditunggu Ulasan tentang bunga hias lainya

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam Jenis dan Nama dan Sejarah Aneka Tanaman Bunga Hias yang sering ditemukan di Indonesia"

Post a Comment